Pertanyaan Multiplechoice MP Bab 6 dan 7 (Buku Hitam)

Bab 6. Penilaian Posisi Strategik ( Hal 161 – 181 )

 

  1. 1.      Tahap pertama dari penilaian posisi strategis adalah :
    1. Memberikan indikator – indikator dalam penilaian kerja
    2. Mengidentifikasi apakah bisnis sudah berjalan dengan sukses atau belum
    3. Membagi deviden dan kenaikan harga perusahaan
    4. Meningkatkan unit operasi

 

  1. 2.      Penilaian posisi strategis dapat diukur dengan :
    1. Divest, harvest, maintain, growth, dan enter
    2. Harvest. Balanced scorecard, analisa swot, dan enter
    3. Harvest, value based marketing, maintain, dan divest
    4. Maintain, posisi strategis, growth, dan enter

 

  1. 3.      Manakah yang termasuk kelemahan dalam mengukur kinerja :
    1. Adanya keterlibatan pihak ketiga dalam penilaian
    2. Penilaian menggunakan analisa SWOT
    3. Mengukur kinerja tanpa memikirkan aspirasi konsumen
    4. Menggunakan ukuran akuntasi dan finansial sehingga dapat menimbulkan hasil bias

 

  1. 4.      Untuk mengukur apakah nilai sedang dibuat  oleh sebuah manajemen perusahaan, maka perusahaan harus :
    1. Mengukur kinerja yang diraih
    2. Mengidentifikasi seluruh kelemahan identifikasi
    3. Menyiapkan tingkatan value
    4. Membuat analisa finansial

 

  1. 5.      Faktor yang sangat berpengaruh pada keunggulan kompetitif dan cash flow jangka panjang adalah:
    1. Menyiapkan tingkatan target dan kinerja dalam variabel – variabel tersebut
    2. Mengidentifikasi seluruh variabel organisasi
    3. Mengukur kinerja yang diraih dan membandingkan dan membandingkannya
    4. Meningkatkan target kinerja perusahaan

 

  1. 6.      Sebutkan salah satu dari tiga karakterteristik dalam pengendali nilai strategis yaitu :
    1. Memiliki dampak yang signifikan pada nilai jangka panjang perusahaan
    2. Mengkomunikasikan cashflow
    3. Mencari dampak positif dan negatifnya
    4. Harus merupakan aset konsumen

 

  1. 7.      Apakah yang dimaksud dengan balanced scorecard ?
    1. Indikator dalam perusahaan dalam pengendali kinerja jangka panjang
    2. Mengukur keseimbangan dalam kartu
    3. Pengendali kinerja jangka pendek
    4. Mengukur sebuah keadaan dimana terdapat ketidakseimbangan pasar

 

  1. 8.      Tujuan dari penggunaan balanced scorecard ?
    1. Mengidentifikasi kemampuan bisnis jangka panjang
    2. Mengidentifikasi perencanaan perbaikan bisnis lain
    3. Menganalisa target masa depan perusahaan lawan
    4. Mengidentifikasi kekurangan organisasi

 

  1. 9.      Perspektif finansial mengukur kinerja dari :
    1. Return on capital employed
    2. Margin operasi bahan baku
    3. Nilai tambah piutang
    4. Daya tarik pasar

 

  1. 10.  Hasil pengukuran perspektif pelanggan biasanya diperlukan untuk ?
    1. Market share
    2. Brand image
    3. Kesadaran
    4. Semua jawaban benar

 

  1. 11.  Beberapa bisnis memiliki beberapa tipe pelanggan yang perspektifnya memerlukan pengukuran terpisah. Contohnya seperti ?
    1. lembaga keuangan harus memonitor siang dan malam
    2. lembaga keuangan harus memonitor baik penabung maupun investor
    3. lembaga keuangan harus memonitor pelanggan dan produsen
    4. lembaga keuangan harus menjadi penengah antara penabung maupun investor
    5. 12.  Perspektif internal bisnis harus fokus pada proses internal seperti :
      1. Bagian HRD, bagian penjualan, dan bagian distribusi
      2. Bagian finansial, bagian penjualan dan bagian distribusi
      3. Bagian HRD, bagian warehouse dan bagian distribusi
      4. Bagian HRD, bagian penjualan dan bagian assambling

 

  1. 13.  Indikator utama bagi manager dalam menentukan pengendali nilai strategis yang meningkatkan nilai jangka panjang adalah ?
    1. Balanced scorecard
    2. Balanced perspektif
    3. Analisa daya tarik pasar
    4. Analisa finansial

 

  1. 14.  Pasar yang memiliki daya tarik didefinisikan sebagai pasar yang ?
    1. Membuat sebuah keputusan yang tepat
    2. Memiliki kemampuan sempurna dalam forecasting
    3. Kompetitor lainnya mendapatkan keuntungan diatas biaya modalnya
    4. Kompetitor lainnya mendapatkan cash flow lebih rendah

 

  1. 15.  Faktor yang penting dalam menentukan daya tarik pasar adalah :
    1. Ukuran pasar
    2. Pertumbuhan pasar
    3. Struktur kompetisi pasar
    4. Semua jawaban benar

 

  1. 16.  Apakah yang harus dilakukan perusahaan apabila berada dalam pasar yang memiliki pertumbuhan tinggi ?
    1. Menyusun strategis secara pelan
    2. Merinci kelemahan
    3. Mengkalkulasi perubahan setiap saat
    4. Menjadi sangat ambisius untuk mengembangkan perusahaan

 

  1. 17.  Lima elemen penentu dalam struktur kompetisi pasar antara lain :
    1. Kekuatan pembeli
    2. Intensitas kompetisi langsung
    3. A dan B salah
    4. A dan B benar

 

  1. 18.  Karakteristik intensitas kompetisi yang terjadi di pasar adalah ?
    1. Kelebihan kapasitas produksi
    2. Produk dan jasa yang distandardisasi
    3. Banyaknya kompetitor
    4. Semua jawaban benar

 

  1. 19.  Penyuplai dapat membatasi keuntungan pasar jika mereka dapat mengendalikan ?
    1. Mengendalikan biaya pemasaran
    2. Mengendalikan biaya promosi
    3. Mengendalikan biaya input
    4. Mengendalikan biaya output

 

  1. 20.  Apakah fungsi dari five forces diagram ?
    1. Menentukan tingkat keuntungan industri
    2. Menentukan tingkat piutang perusahaan
    3. Menentukan tingkat keterpurukan bisnis
    4. Menentukan biaya input

 

  1. 21.  Mengapa produk komoditas sangat siklis dengan harga lebih dari 30 persen tinggi dari harga biasanyamenyebabkan perubahan dari keuntungan tinggi menjadi kerugian  ?
    1. Hal ini dikarenakan pada saat keuntungan tinggi investor tidak ada yang menankan modalnya dan akhirnya menurunkan harga
    2. Hal ini dikarenakan jumlah modal sedikit sehingga piutang menjadi membengkak dan harga menjadi mahal
    3. Hal ini dikarenakan pada saat keuntungan tinggi investor banyak menanamkan modal yang memicu kelebihan kapasitas dan menurunnya harga
    4. Hal ini dikarenakan pada saat harga bagus banyak produk yang habis dipasaran di timbun oleh pihak tertentu

 

  1. 22.  Daya tarik pasar juga dipengaruhi oleh faktor resiko yang ada didalamnya, seperti :
    1. Infrastruktur, stabilitas politik, dan keadaan moneter
    2. Infrastruktur, daya saing pasar, dan keadaan moneter
    3. Stabilitas pasar, skill, dan perubahan pasar
    4. Dukungan pemerintah, skill, dan pertumbuhan konsumen

 

  1. 23.  Keunggulan kompetitif sebuah perusahaan memiliki dampak yang lebih penting  pada nilai?
    1. Nilai konsumennya dibandingkan dengan pasar tertentu
    2. Nilai perusahaannya dibandingkan dengan pasar tertentu
    3. Nilai perusahaannya dibandingkan dengan konsumen value
    4. Semua jawaban benar

 

  1. 24.  Differential advantage didasarkan pada 2 strategis antara lain ?
    1. Keuntungan biaya ekonomi dan keuntungan biaya dari differensiasi produk
    2. Keuntungan biaya input dan biaya output
    3. Keuntungan sisa biaya pemasaran dan biaya distribusi
    4. Keuntungan biaya bahan baku dan keuntungan biaya differensiasi kemasan
    5. 25.  Total biaya ekonomi artinya ?
      1. Jumlah keseluruhan biaya ditambah biaya modal
      2. Jumlah keseluruhan biaya advertising ditambah biaya modal
      3. Jumlah biaya input dikurangi harga jual
      4. Semua jawaban salah

 

  1. 26.  Terdapat 3 strategi perusahaan ketika pelanggan dapat membayar lebih, antara lain :
    1. Menetapkan harga maksimal sampai menghilangkan keuntungan pelanggan
    2. Tidak mengubah harga untuk penguasaan pasar
    3. Jawaban A dan B benar
    4. Jawaban A saja yang benar

 

  1. 27.  Sumber differensiasi dapat dikategorikan menjadi 3 kategori, antara lain :
    1. Interaksi dengan pelanggan
    2. Kepemimpinan merek
    3. Jawaban A dan B benar
    4. Tidak ada jawaban benar

 

  1. 28.  Apa yang dimaksud dengan memproyeksikan masa depan bisnis ?
    1. Mencari gambaran fakta tentang kinerja perusahaan di masa depan
    2. Memproyeksikan berdasarkan fakta dilapangan
    3. Menganalisa sebagian besar keuntungan
    4. Menganalisa semua input total sehingga diketahui keuntungan mendatang

 

 

  1. 29.  Perubahan nilai keunggulan kompetitif perusahaan akan berubah selama berapa tahun ?
    1. Selama dua dekade sekali
    2. Setiap tahun berubah
    3. Dua kali daur perputaran industri
    4. Lima tahun kedepan

 

  1. 30.  Alat yang penting manajemen dalam pengembangan strategi dalam meningkatkan nilai bagi pemegang saham adalah ?
    1. Penilaian posisi strategis
    2. Balanced scorecard
    3. Analisa SWOT
    4. Industry cycle

 

 

 

 

  1. 31.  Dalam restrukturisasi penciptaan nilai terdapat lima titik penting yang disebut pentagon,  sebutkan kelima titik tersebut ?
    1. Current market value, optimal restruktured value, potential value with internal dan eksternal improvement, dan company value as is
    2. Current market cycle, optimal restruktured value, potential value with improvement, dan company value as is
    3. Current market value, optimal restruktured value, potential value with internal
    4. Current market value, potential value with internal dan eksternal improvement, dan company value as is

 

  1. 32.  Faktor – faktor yang menyebabkan terjadi perbedaan dalam menetapkan nilai perusahaan adalah ?
    1. Persepsi manajemen terhadap masa depan berdasarkan asumsi yang tidak realistis
    2. Penilaian manajemen mungkin lebih tinggi jika memiliki informasi yang penting yang tidak diketahui investor
    3. Jawaban A dan B benar
    4. Jawaban B saja yang benar

 

  1. 33.  Dari lima tujuan perusahaan, manakah yang akan digunakan untuk perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif yang kuat ?
    1. Divest
    2. Maintain
    3. Harvest
    4. Growth

 

  1. 34.  Empat pengendali finansial dalam meningkatkan cash-flo9w adalah ?
    1. Biaya yang lebih tinggi
    2. Peningkatan penjualan
    3. Harga yang lebih tinggi
    4. Semua jawaban benar

 

  1. 35.  Pertimbangan dalam melakukan divestasi oleh perusahaan adalah ?
    1. Produk atau jasa tidak menghasilkan keuntungan
    2. Prospek kedepan dari bisnis tersebut kurang baik
    3. Jawaban A dan B salah
    4. Jawaban A dan B benar

 

  1. 36.  Divestasi tidak dilakukan secara mendadak, melainkan melalui 4 tahapan, antara lain ?
    1. Mengidentifikasi target divestasi
    2. Memperkirakan nilai likuidasi unit bisnis tersebut
    3. Jawaban B salah
    4. Jawaban A dan B benar

 

  1. 37.  Perusahaan akan melakukan harvesting bersedia melepas penguasaan pasar dengan tujuan ?
    1. Meningkatkan cash-flow
    2. Menurunkan resiko perusahaan
    3. Meninggalkan konsumen
    4. Keluar pasar

 

  1. 38.  Sukses tidaknya sebuah bisnis merupakan kombinasi antara ?
    1. Faktor internal saja
    2. Faktor eksternal
    3. Faktor internal dan eksternal
    4. Semua jawaban salah

 

 

 

Bab 7. Pemasaran Strategik ( Hal 185 – 202 )

 

  1. 1.      Hal apakah yang paling penting dalam aturan pemasaran di tingkat perusahaan?

A. Meningkatkan jumlah produksi

  1. Melakukan perencanaan pada level pasar dan produk
  2. Mengurangi besarnya biaya pemasaran

D. Membangun unit bisnis baru

 

  1. 2.      Apakah fungsi dari analisis shareholder value?
    1. Menilai implikasi rencana finansial dan strategi pemasaran
    2. Memaksimalkan tingkat pengembalian modal perusahaan
    3. Mengevaluasi banyaknya kompetitor yang muncul

D. Menghasilkan nilai bagi pemegang saham

 

  1. 3.      Berikut ini merupakan fungsi perencanaan strategi pemasaran, kecuali :
    1. Memfasilitasi proses perubahan
    2. Motivasi dan kontrol
    3. Menyeimbangkan tirani akuntan

D. Menciptakan keunggulan kompetitif

 

 

  1. 4.      Mengapa diperlukan perencanaan pemasaran strategis yang sistematik dalam perusahaan :
    1. Untuk memetakan fokus perusahaan ke masa depan
    2. Sebagai cara untuk mengembangkan bisnis baru
    3. Sebagai upaya menjaga loyalitas pelanggan

D. Untuk memaksimalkan strategi pemasaran

 

 

  1. 5.      Berikut ini merupakan prinsip perencanaan di tingkat perusahaan, kecuali :
    1. Mengatur pengendali nilai bersama
    2. Mengatur portofolio bisnis
    3. Mengendalikan perubahan organisasi
      1. Mengembangkan strategi pemasaran kreatif

 

  1. 6.      Bagaimana cara mengendalikan perubahan dalam organisasi perusahaan ?

A. Mendorong manajer untuk mengembangkan unit bisnis

  1. Mentransfer kemampuan dari satu unti bisnis ke yang lainnya
  2. Mengkombinasikan mekanisme formal dan informal

D. Mengontrol pengendalian perubahan organisasi

 

  1. 7.      Berikut ini merupakan empat tipe peranan perusahaan menurut Michael Porter yaitu :
  2. Manajemen portofolio dan Mentransfer kemampuan
  3. Restrukturisasi dan Membagi aktifitas perusahaan
  4. A dan B benar
  5. A dan B salah

 

  1. 8.      Apa yang menyebabkan perubahan dalam peranan pusat korporasi ?
    1. Desentralisasi dan delegasi terhadap pembuat keputusan diberikan untuk memperluas segmentasi pasar
    2. Pandangan bahwa pusat korporasi bukan puncak dari piramid tetapi sebagai pendukung bisnis
    3. Adanya perubahan organisasi perusahaan dalam mengendalikan sumber daya potensial pada setiap unit bisnis
    4. Terjadi penekanan pada sistem manajemen dalam pencapaian tujuan perusahaan

 

  1. 9.      Mengapa strategi pemasaran harus mengikuti proses bottom-up ?

A. Karena perusahaan mampu menciptakan inovasi untuk menarik minat pelanggan

  1.  Karena pusat korporasi memiliki pengetahuan tentang pelanggan dan kompetitor
  2. Karena didasarkan pada kemampuan perusahaan dalam membagi sumber daya

D. Karena perusahaan harus mampu memberikan nilai bagi pemilik saham

 

  1. 10.  Apakah peranan pusat korporasi ?
    1. Sebagai perencana dan isolator
    2. Sebagai penentu sistem dan organisator
    3. Sebagai katalis dan fasilitas bukan lg fasilitrator
    4. Sebagai penyeimbang dan mediator

11. Dibawah ini adalah beberapa  tujuan strategis yang dapat dilakukan oleh sebuah unit bisnis, kecuali:

A. Divest & Grouth

B. Grouth & Harvest

C. Bottom-up & Divest

D. Harvest & Enter

15. Karakteristik strategi pada matriks tujuan strategis level rendah adalah:
A. Divest

B. Harvest

C. Maintain

D. Semua benar

 

16. Salah satu fokus strategi dalam fokus unit bisnis untuk mencapai shareholder values adalah increase volume, yaitu diantaranya adalah:

A. Enhance sales mix

B. Raise Price

C. Cut Cost

D. Expand Market

17. Sejalan dengan perkembangan bisnis, fokus unit bisnis akan berubah dari volume ke produktifitas, yaitu diantaranya adalah:

A. Enhance sales mix

B. Expand Market

C. Market Penetratio

D. Increase Usage Rate

18. Tugas utama yang harus dilewati dalam daur hidup perusahaan yang fokus pada peningkatan volume adalah:

A. Mendapatkan Pelanggan

B. Memasuki Segmen Baru

C. Meningkatkan Penggunaan Produk

D. Semua Benar

 

19. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan sebuah perusahaan untuk meningkatkan cash-flow, kecuali:

A. Mereduksi Biaya

B. Menurunkan Harga

C. Meningkatkan Bauran Penjualan

D. Menaikkan Harga.

20. Dalam segmentasi pasar, tugas manajemen adalah memenuhi kebutuhan pelanggannya, yaitu melakukan kegiatan targeting diantaranya, kecuali:

A. Identifikasi kebutuhan pelanggan

B. Mengembangkan profil deskripsi

C. Evaluasi daya tarik

D. Meningkatkan Bauran Penjualan

21. Dalam segmentasi pasar, tugas manajemen adalah memenuhi kebutuhan pelanggannya, yaitu melakukan kegiatan positioning diantaranya, kecuali:

A. Identifikasi strategi inti untuk setiap segmen pasar

B. Desain Bauran Pemasaran

C. Mengevaluasi daya tarik pasar

D. Mengembangkan Organisasi pemasaran

22. Ada dua kekuatan yang mempengaruhi dinamika pasar, yaitu:

A. Perubahan lingkungan dan Evolusi Pasar

B. Evolusi Pasar dan Kepuasan Pelanggan

C. Perubahan lingkungan dan Kepuasan Pelanggan

D. Evolusi Pasar dan Organisasi Pemarasan

23. Dalam memformulasikan sebuah rencana, manajer harus menganalisis kompetitor dengan beberapa pertanyaan, diantaranya:

A. Siapa kompetitor kita?

B. Seperti apa strategi mereka?

C. Dimana kelemahan kita?

D. Semua benar.

24. Marketing Mix adalah seperangkat keputusan operasional yang dipergunakan sebagai alat ukur dalam membuat strategi pemasaran, yaitu dengan mengukur keputusan-keputusan diantaranya, kecuali:

A. Produk (Produk)

B. Harga (Price)

C. Prospek (Prospect)

D. Promosi (Promotion)

25. Pengertian produk berkembang menjadi suatu yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen. Produk bisa berupa:

A. Jasa dan Konsep

B. Ide dan Prospek

C. Orang dan Jasa

D. Ide dan Konsep

26. Produk juga bisa berasal dari gabungan lima unsur kebutuhan produk, sehingga kebutuhan konsumen dapat dibagi menjadi:

A. Keputusan Pusat dan Keputusan Fungsional

B. Keputusan Fungsional dan Keputusan Harga

C. Keputusan Pusat dan Keputusan Harga

D. Keputusan Fungsional dan Keputusan Tempat

27. Kierarki produk menggambarkan bagaimana perusahaan membangun level produk untuk memuaskan konsumen. Hierarki produk diantaranya:

A. Produk dasar (core need)

B. Produk yang diharapkan (expected produk)

C. Produk Potensial (potencial produk)

D. Semua benar

28. Dalam keputusan produk, lini produk dapat dibedaakan menjadi beberapa lini diantaranya, kecuali:

A. Lebar Produk

B. Panjang Produk

C. Tinggi Produk

D. Kedalaman Produk

29. Dalam Marketing Mix keputusan kunci dalam keputusan promosi adalah diantaranya, kecuali:

A. Anggaran Promosi

B. Saluran Promosi

C. Feedback Promosi

D. Pesan yang ingin disampaikan.

 

  1. Penjualan melalui distributor merupakan cara yang paling efektif dan efisien sehingga dapat memberikan keuntungan yang lebih besar dari pada harus membuat saluran distribusi sendiri, sebutkan fungsi kategori saluran distribusi. kecuali…

A. Informasi

  1. Penjualan
  2. Pengiriman

D. Efisiensi harga

  1. Ketika strategi telah dikembangkan, maka manajemen harus mendemonstrasikan strategi yang terbaiknya agar menciptakan nilai bagi ?

A. Pemegang saham

  1. Pemerintah
  2. Investor

D. Publik

  1. Manajer berperan penting dalam menciptakan nilai bagi pemegang saham, bahwa  sebuah pekerjaan dari manajemen adalah mengembangkan unit bisnis yang strategis untuk untuk mencapai Net Present Value dalam jangka panjang dari sebuah Cash Flow. Berdasarkan nilai perencanaan yang di bangun ada beberapa faktor pendukung, kecuali…

A. Fokus anggaran pada perhitungan laba

  1. Fokus perencanaan berdasarkan nilai
  2. Fokus pada penciptaan nilai

D. Fokus terhadap efisensi pendapatan

 

  1. Perusahaan yang multi nasional memiliki seorang manajer yang memiliki pengetahuan dan tepat dalam mengambil sebuah keputusan, sehingga seorang manajer sangat memahami tujuan dari sebuah proses perencanaan, tujuan dari perencanaan antaralain…
    1. Mengatur efesiensi dalam memproduksi
    2. Mengendalikan pertumbuhan usaha dan mengemukakan ide inovasi dalam bisnis
    3. Mengimplementasikan kebijakan kepada perusahaan
    4. Kurang mengemukakan ide yang inovatif dalam perencanaan
    5. Proses mengembangkan strategi pemasaran terdiri dari enam tahap antaralain. kecuali…
      1. Mendapatkan keutungan dan laba bersih perusahaan
      2. Membentuk tim yang berbeda fungsi dan brainstorming
      3. Mengumpulkan data dan pengembangan hipotesis
      4. Penilaian posisi strategis, mengevaluasi pilihan untuk berkembang dan mengembangkan rencana pemasaran

 

  1. Mengembangkan rencana pemasaran ada dua tahap yang berpengaruh yaitu tahap input dan output, sebutkan tahap-tahap dalam output antaralain…
    1. Pemegang saham
    2. Bauran pemasaran
    3. Target konsumen dan strategi inti
    4. Indikator kerja

 

  1. Ada tiga tahap yang berpengaruh dalam implementasi strategi adalah..
    1. Mendefinisikan misi organisasi
    2. Membangun nilai organisasi
    3. Memberikan arti bagi kerja karyawan
    4. Memberikan keuntungan bagi manajer
    5. Seorang manajer harus mengetahui bahwa dasar bagi keuntungan dan pertumbuhan perusahaan bagi pelanggan yaitu…
      1. Memecahkan masalah pelanggan lebih efektif dari pada competitor
      2. Hanya memberikan keutungan bagi perusahaan dan pemegang saham
      3. Pengetahuan yang luas terhadap pelanggan
      4. Memiliki hubungan bilateral perusahaan dengan konsumen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: